Anker, produsen aksesori gadget asal China, kembali menarik (recall) beberapa produk powerbank mereka di Indonesia karena ditemukan cacat produksi yang bisa membahayakan pengguna. Total ada 7 model powerbank yang ditarik dari peredaran.
Tiga model diumumkan dalam recall terbaru minggu ini, sementara empat lainnya sudah lebih dulu ditarik pada akhir Juni 2025. Menurut Anker, beberapa unit baterai lithium-ion dalam produk tersebut mengalami cacat manufaktur.
Apa bahayanya?
Cacat ini bisa menyebabkan powerbank overheat (panas berlebihan), melelehnya bagian plastik, keluar asap, bahkan menyebabkan kebakaran dalam situasi ekstrem.
Daftar Powerbank Anker yang Ditarik:
- Anker 334 Magnetic Battery (PowerCore 10K) – Model A1642
- Anker Powerbank 20.000 mAh (USB-C 22,5W) – Model A1647
- Anker MagGo Magnetic 10.000 mAh (7.5W, dengan stand) – Model A1652
- Anker Power Bank 10.000 mAh – Model A1257
- Anker Zolo Power Bank – Model A1681
- Anker Zolo Power Bank – Model A1689
- Anker Power Bank 20.000 mAh – Model A1647 (model ini masuk dua kali dalam daftar recall)
Nomor Serial yang Terdampak (Untuk 3 Model Terbaru):
- AKF4Q30E17302522
- AKF4Q30E17301691
- AHJ67T1D50601320
- AHJ67T1D50601122
- AHJ5W51E10602205
- AHJ5W51E10601936
Cek nomor serial powerbank Anda di bagian bawah perangkat.
Apa yang Harus Dilakukan Pengguna?
Jika Anda punya salah satu model dan nomor serial di atas:
✅
Segera hentikan pemakaian
✅
Jangan buang sembarangan, jangan didaur ulang, dan jangan dijual
kembali
Cara mengembalikan produk:
- Datang ke:
📍 Jl. Boulevard Blok F No. 22, Ruko Elang Laut, Kamal Muara, Penjaringan, Jakarta Utara 14470 - Jam layanan:
🕒 Senin–Jumat: 09.30–16.30 WIB
🕗 Sabtu: 08.30–12.00 WIB - Atau hubungi: 📧 support@ankerindonesia.com
Recall Sebelumnya
Ini bukan pertama kalinya Anker melakukan recall di Indonesia. Pada 28 Juni 2025, mereka sudah menarik 4 model powerbank karena alasan serupa. Menariknya, Model A1647 disebutkan dalam kedua pengumuman, menandakan ada kemungkinan sebagian pengguna belum merespons recall sebelumnya.
“Kami mohon maaf atas ketidaknyamanan yang mungkin ditimbulkan oleh situasi ini dan sangat menghargai pengertian, kesabaran, dan kerja sama Anda,” tulis Anker dalam pernyataan resmi di situs webnya (9 Juli 2025).
0 Komentar